Minggu, 18 Desember 2011

Fenomena Ring Back Tone(RBT) XL

Pengertian  Ring Back Tone(RBT)
Ring Back Tone atau lebih akrab kita sebut RBT, adalah sebuah bentuk bisnismusik baru dengan kemasan yang menggunakan Teknologi Informasi / IT (upload)dan telah menjadi sebuah bisnis musik yang menggiurkan. Cara pemanfaatan musikpada segmen ini tidak lagi memerlukan sistem transaksi konvensional sebagaimanayang biasa kita lakukan seperti ketika kita ingin membeli kaset, CD, VCD atauDVD dll.. 

Teknisnya sudah berubah, kita cukup menggunakan media ponsel yang kitamiliki dengan melakukan aktifasi melalui fasilitas yang disediakan telko yangmenyediakan lagu yang kita butuhkan dengan cara, teknis dan sistem pembayaranyang telah ditentukan. Lagu atau musik yang dipesan juga tidak dapat dimilikisepenuhnya. Karena lagu atau musik tersebut tetap berada pada server telko yangbersangkutan dan bukan dipindahkan atau dikopi ke ponsel pelanggan. Untukmenghindari tindakan pengkopian atau download, telko juga telahmelengkapi dirinya dengan perangkat ‘streaming’. Musik/lagu yang di upload,bukan pemesan itu sendiri yang menikmatinya, tapi mereka yang menghubunginyalewat telepon atau ponselnya. Mereka juga hanya dapat menggunakan repertoireyang dipesannya dalam jangka waktu tertentu (biasanya per satu bulan) dan dapatdiperpanjang dengan cara dan hitungan tertentu pula. 
  
Pengguna RBT XL Capai 5 Juta
Salah satu provider yang menyediakan RBTadalah XL, PT XL Axiata Tbk (dahulu PTExcelcomindo Pratama Tbk), atau disingkat XL, adalah sebuahperusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XLmulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakanperusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler diIndonesia.

Diberitakan dalam waktu sekitar empat bulan,PT Exelcomindo Pratama Tbk (XL) sukses menambah jumlah pengguna nada sambungnya(ring back tone/RBT) menjadi satu juta pelanggan.

I Made Hartawijaya, VP Marketing Value Added Service XL mengatakan, denganpenambahan tersebut berarti jumlah pelanggan RBT XL saat ini telah menembusangka 5 juta. 

XL RBT Plus

INOVASI terus dilakukan XL Axiata untuk memuaskan para pelanggannya.Yang terbaru, salah satu operator selular terbesar di Indonesia itumenghadirkan XL RBT Plus.

Sedikit sama dengan RBT biasa, fitur ini menghadirkan nada atau lagu untuknada konvensional seperti “Tut.. tuut” saat mengunggu panggilan telepon dijawaboleh orang yang dihubungi.

Di RBT biasa, orang yang berlangganan tidak bisa menikmati lagu yang diaaktifkan di ponselnya. Lagu pilihan pelanggan hanya bisa didengar oleh orangyang menelepon. Di sinilah letak kelebihan XL RBT Plus. Pelanggan juga bisamendengarkan RBT pilihannya sendiri ketika melakukan panggilan ke nomer lain.
Direktur Marketing Joy Wahjudi berharap layanan ini bisa memberi tambahanpengalaman yang menyenangkan dalam menggunakan layanan selular XL.

“RBT memang bukan layanan baru. Sejak pertama kali diperkenalkan, layananRBT tidak pernah berubah, yaitu ketika kita melakukan panggilan, orang yangkita telepon bisa mendengarkan lagu RBT pilihan kita,” ujar Joy di sela acarapeluncuran yang digelar di Hard Rock Cafe, EX, Jacarta, Kamis (19/5).
“Tapi melalui ide kreatif XL RBT Plus, pelanggan juga bisa menikmati layananyang sudah mereka bayar. Apalagi saat ini ponsel bukan lagi hanya untukmemenuhi kebutuhan komunikasi seseorang, tapi sudah menjadi gaya hidup. Karenaitu, kami ingin memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebihmenyenangkan ketika melakukan panggilan,” lanjutnya.

Layanan XL RBT Plus terdiri atas dua pilihan paket penggunaan. Pertamaadalah layanan Playlist di mana pelanggan bisa memilih 3 RBT secara Livre, yangakan diputar acak setiap kali pelanggan melakukan panggilan.

Pilihan kedua adalah layanan Ala Carte, di mana pelanggan dapat memilih 1lagu apa saja untuk dijadikan RBT Plus, yang akan berputar setiap kalipelanggan melakukan panggilan.

0 komentar:

Posting Komentar